Selasa, 18 September 2012

TUGAS PTI KE 11

ARTI DAN KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
DALAM PEMBELAJARAN

APA ITU MULTIMEDIA INTERAKTIF?!
          Sampai saat ini dunia teknologi informasi begitu berkembang dengan pesatnya. Kita menyadari bahwa begitu pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan ini, jadi kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk ilmu pengetahuan.
Jika kita terhubung dengan internet dan search di google apa arti dari multimedia, pasti jawabannya banyak karena di sana disguhkan berbagai macam versi pengertian yang dijelaskan oleh para ahli mengenai arti dan kegunaan multimedia. Pada dasarnya multimedia itu terdiri atas dua kata yakni Multi dan Media.
         Jadi multimedia itu merupakan media penyampaian dengan menggunakan banyak media seperti text, gambar, animasi, video, suara dsb. Komponen-komponen multimedia dirancang dari komponen-komponen tersebut yang menghasilkan sebuah karya multimedia. Sedangkan kata Interaktif adalah interaksi antara multimedia itu sendiri dengan user (pengguna). Jadi arti dari Multimedia Interaktif adalah media yang terdiri atas banyak komponen/ media yang terintegrasi yang mampu untuk berinteraksi dengan penggunaannya.

KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
         Saat ini multimedia interaktif banyak dikembangkan dan mampunyai tujua tertentu yang dapat digunakan untuk Presentasi, Pembelajaran (CD Interaktif), Qui Interaktif, Game, Profil dan lainnya.
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien.

Sedangkan secara lebih khusus manfaat media dalm pembelajaran adalah:
  1. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun berada. 
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik , media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak membosankan.
  3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, dengan media akan terjadinya komunikasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah 
  4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga, dengan media pembelajaran tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh. Bila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja, siswa kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman siswa akan lebih baik. 
  6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru.Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah. 
  7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar