MULTIMEDIA
DALAM PENDIDIKAN
Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik,
animasi, dan video.
Seiring dengan perkembangan
teknologi informasi yang sangat cepat, berbagai perubahan dalam masyarakat yang
semakin terbuka dan memiliki kompetisi yang tinggi, menuntut adanya peningkatan
kualitas pendidikan. Kehadiran multimedia sebagi salah satu produk TIK di
bidang pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan banyak menyumbangkan
manfaat yang begitu banyak dalam membantu mencapai tujuan pendidikan. Teknologi
multimedia diharapkan mampu mengatasi kendala dalam proses belajar mengajar
dengan dikemasnya program-program pendidikan dalam media berbasis TIK.
Multimedia juga merupakan media pembelajaran dan pembelajaran yang efektif dan
efisien berdasarkan kemampuannya menyentuh berbagai panca indra. Memberikan
berbagi jenis fasilitas untuk lebih mempermudah melakukan aktifitas dan segala
sesuatu dalam meningkatkan mutu serta kemajuan pendidikan. Peranan
multimedia dalam pembelajaran erat kaitannya sebagai alat untuk menyampaikan
pesan terhadap siswa, dengan penggabungan banyak unsur media. Dalam proses
pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber
(guru) menuju penerima (siswa).
Dalam segala aspek bidang pendidikan
sangat dibutuhkan sebuah perencanaan, denmkian pula halnya dengan pemanfaatan
multimedia. Perencanaan adalah aspek penting untuk menjadi seorang pendidik
yang kompeten. Perencanaan Instruksional adalah pengembangan atau penyusunan
strategi sistematik dan tertata untuk merencanaan pelajaran. Pendidik perlu
menentukan seperti apa proses belajar mengajar yang akan dilaksakan dengan
menggunakan teknologi multimedia.
Penggunaan multimedia sebagai salah
satu media berbasis TIK dalam pendidikan berkembang melalui 3 tahap:
1. Penggunaan Audio Visual Aid (AVA)
Penggunaan AVA yaitu alat bantu
berbentuk audio (memanfaatkan pendengaran) dan visual (memanfaatkan
penglihatan).
2. Penggunaan materi-materi
berprogram
Materi pembelajaran merupakan materi
pembelajaran yang diambil dari subject matter. Materi pembelajaran ini
dipecah ke dalam unit kecil, selanjutnya diprogram sesuai dengan perangkat yang
digunakan.
3. Penggunaan Komputer Dalam
Pendidikan
Peningkatan produktifitas dapat
dicapai melaluui penggunaan teknologi. Perkembangan teknologi telah mengubah
masyarakat dari induatri menjadi informasi, ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya
masyarakat berpendidikan yang berbasis teknologi informasi atau komputer baik
dari segi software maupun hardware.
Hal ini merupakan kenyataan yang
sedang terjadi di dunia pendidikan pada saat ini. Bahwa multimedia yang
merupakan salah satu media berbasis TIK memberikan kontribusi yang cukup besar
dalam meningkatkan mutu pendidikan termasuk dalam pembelajaran dan proses
pembelajaran. Disayangkan jika kita tidak membuka diri kita untuk siap
menggunakan segala jenis teknologi yang selalu menjadi media untuk
memperoleh informasi. Semoga semua para pendidik dan anak didik mampu
sedemikian rupa menggunakan media informasi dalam bidang teknologi, sehingga
tidak terjadi penyalahgunaan yang mungkin akan menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar