Selasa, 31 Juli 2012

UTS PTI ANGKATAN 6


JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PASCA SARJANA ANGKATAN 6
 STKIP GARUT
NO KODE SOAL 14
Nama          : Riska
Nim            : 11867013

      1)  Teknologi Informasi merupakan istilah yang sering kita dengar bahkan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Berikut beberapa pengertian TI menurut beberapa para ahli:
     Haag dan Keen (1996) 
     Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. 
Williams dan Sawyer (2003) 
    Teknologi Informasi hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/ menyebarkan informasi.
                Jadi Teknologi Informasi bisa didefinisikan sebagai gabungan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi, atau bisa juga didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). computer, komunikasi dan elektronik digital. 

2)     Pengertian Komputer 
Komputer berasal dari bahasa latin “Computare”  yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Para ahli mendefinisikan computer sbb:
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
 Jadi  bisa disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima dan mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
3)     Ada 2 Piranti Komputer yaitu  Perangkat Masukan (Input Device ) dan  Perangkat Keluaran  (Output Device)
piranti komputer
Secara umum piranti masukan harus mudah digunakan dan bentuknya harus ergonomis dan mempunyai sitem umpan balik  yang baik. Berikut yang termasuk ke dalam kategori piranti masukan (Input Device ) pada computer:  
  • Keyboard, pertamakali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard adalah alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaianhuruf, angka dan tombol fungsi lainnya. 
  •  Touchpad­ adalah peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk

    pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan di atasnya, untuk melakukan klik cukup dengan mengetuk touchpad tersebut. Touchpad ini biasanya digunakan pada laptop karena tak memerlukan tempat kerja yang luas.
  •  Touch Screen digunakan dalam panel sensitive sentuhan.  Salah satu keuntungannya: tidak membutuhkan pointer khusus, sedangkan kerugiannya Jari-jari bisa mengotori layar.
  • mouse
  • Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit  data.                 
  • Trackball digambarkan sebagai gabungan dari fungsi joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola
  • Bar Code Reader semacam scanner fotoelektris  yang dapat mengkonversi  data bar code menjadi sinyal digital.
  • Scanner merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto bahkan tulisan tangan.
  • Microphone untuk mendengar output suara dan menginput suara.
  •  ASR (Automatic System Recognition) system ini dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat.
  • Kamera Video, untuk untuk menginput tampilan visual.
  • Glove berbentuk sarung tangan digunakan untuk merekam jenis serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.
  • Sensor adalah peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini berupa data khusus yang dimasukkan ke komputer.
  • Pembaca Kartu, kartu magnetic bebentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik, data pada pita magnetik bisa dibaca dan dimengerti oleh komputer. Contoh: Kartu ATM. 
Sedangkan  Perangkat Keluaran  (Output Device) adalah alat-alat yang dapat menghasikan sebuah informasi setelah data-datanya dimasukan ke dalam komputer yang hasilnya nanti bisa dilihat atau didegarkan.
 Yang termasuk ke dalam kategori piranti keluaran diantaranya:  
  • Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor (CPU).  
  • Audio , contohnya Speaker
  • Printer adalah alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar .
Printer
  • Plotter adalah sejenis printer yang besar, plotter ini menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Salah satu penggunaan plotter yakni dalam pembuatan peta.
  • COM ( Computer Output Microfilm) adalah pertain yang dapat menghasilkan gambar dalam gulungan microfilm yang berisi banyak halaman dalam setiap lembar.Program adalah pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah. 
4) Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman adalah prosedur penulisan program. Programmer adalah orang yang membuat sebuah program
    Langkah-langkah Pemrograman:
       1. Mendefinisi
Harus mengerti dengan baik mengenai permasalahan apa yang ingin diselesaikan, seperti : Bagaimana hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya, bagaimana data  input dengan pengolahannya, bagaimana hubungan antara output dengan pengolahannya, bagaimana stuktur pengolahannya
       2. Mengimplementasi
Implementasi telah mulai melibatkan bahasa pemrograman yang ingin digunakan untuk menyelesaikan masalah.
3. Mengkompilasi
 Tahapan pemeriksaan terhadap program yang disusun yang akan dilakukan oleh komputer dengan menggunakan Processor Program yang berfungsi sebagai alat/program yang akan menerjemahkan program yang dimasukkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer ( objek program)
4. Menguji
Menguji program tersebut apakah telah berjalan sesuai dengan tujuannya untuk memberi solusi dari suatu permasalahan. Apabila program belum berjalan baik, maka perlu mengkaji kembali rumusan yang telah dibuat pada langkah pertama serta memperbaiki implementasi program yang mungkin keliru.
5. Dokumentasi
Adalah usaha untuk memudahkan dalam memeriksa kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya program, perlu membuat dokumentasi dari program yang dibuat. Dokumentasi tersebut berisi informasi mulai dari tujuan fungsi program, rumusan program hingga cara menggunakannya.

5)     Multimedia berasal dari kata Multi yang berarti banyak atau bermacam-macam, dan Media yakni sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Definisi Multimedia dalam konteks computer  menurut Hofsteter 2011 adalah  pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Jadi multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Kaitan Multimedia dengan Pembelajaran:
Multimedia adalah suatu kombinasi dari berbagai medium, dimana kombinasi tersebut dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran (Latuheru, 1988: 81)
Jadi menurut saya multimedia dalam pembelajaran sangat memiliki peranan penting yakni sebagai alat untuk menyampaikan pesan terhadap peserta didik, dengan penggabungan banyak unsur media. Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (peserta didik) dengan menggunakan prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Contoh sederhana saja, jika guru menggunakan multimedia misalnya menayangkan film atau gambar-gambar dalam proses belajar mengajar maka peserta didik akakn lebih merasa tertari kuntuk melihaat, mendengarkan, mengikuti pelajaran yang diajarkan. Peserta didik menyenangi suasana dan hal yang baru maka dengan menggunakan multimedia maka akan lebih menarik minat dan motivasi belajar para peserta didik.

    6) Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, mills), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
Kaitan Internet dengan Pembelajaran:
Internet memberikan manfaat yang sangat banyak terhadap proses pembelajaran, terlepas dari dampak negative yang ditimbulkan oleh internet itu sendiri. Berikut manfaat internet dalam pembelajaran:
Sebagai gudangnya informasi, banyak hal yang dapat kita gali dari internet, saat ini banyak situs-situs yang berfungsi sebagai penyediabahan belajar mulai dari pengetahuan yang bersifat umum hingga yangmateri pelajaran yang diajarkan di sekolah,  selain itu  E- learning  atau belajar secara elektronik, kini telah menadi in di dunia pendidikan. Berbagai layanan e-learning  juga banyak disediakan di internet.

7)        a. Boolean Searching Operator merupakan salah satu manfaat dari Internet. Boolean Searching Operator  disebut operator logika seperti AND, OR, NOT, dalam membuat kata kunci pencarian berbasis teks yang lebih tepat. Operator Boolean dapat digunakan dengan database dan web-search engine. Operator AND berarti kata yang mengikuti harus ada dalam teks dari pages yang diharapkan. Pages yang  mencakup kata yang mengikuti AND NOT tidak akan didaftarkan. Pada tahun 1847 Boolean Searching Operator dinamakan oleh ahli matematika Inggris George Boole (1815-1864), ia memperkenalkan matematika (simbolis) logika fondasi berdasarkan komputasi elektronik
b.      CPU adalah salah satu dari perangkat keras pada computer. CPU kependekan dari Central Processing Unit adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.



c.   Asymmetric Digital Subscriber Line  
Teknologi yang memungkinkan pengguna internet memperoleh akses berkecepatan tinggi menggunakan jaringan telepon yang telah ada. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) membagi saluran telepon menjadi dua bagian sehingga komunikasi data dan komunikasi suara dapat dilakukan secara bersamaan. ADSL merupakan bentuk penerapan teknologi DSL yang paling banyak digunakan. Pengguna internet rumahan dan UKM lazim menggunakan ADSL, slah satu contoh ADSL yang paling popular di Indonesia Telkom Speedy. Disebut "asymmetric (tidak simetris)"  karena kecepatan pengiriman data tidak sama, data yang diterima pengguna lebih cepat dibandingkan data yang dikirimkan pengguna.
d.     WEB BROWSER adalah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses world wide web atau untuk berselancar atau untuk menjelajah di internet. Menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar