PENGENALAN DASAR PEMROGRAMAN
Oleh : Riska
I.
Pengertian
Program adalah pernyataan yang disusun
menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara
logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah. Pemrograman adalah
proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman adalah
prosedur penulisan program. Programer adalah Orang yang membuat sebuah program.
Terdapat
3 faktor penting dalam bahasa pemrograman :
1. Sintaks adalah aturan
penulisan bahasa tersebut (tata bahasanya).
2. Semantik adalah arti
atau maksud yang terkandung didalam statement tersebut.
3. Kebenaran logika adalah
berhubungan dengan benar tidaknya urutan statement.
Dalam membuat sebuah program, kita harus memakai teknik
pemrograman, adapun teknik teknik pemrograman tersebut diantaranya adalah:
• Pemrograman
Procedural
• Pemrograman
functional
• Pemrograman
Terstruktur
• Pemrograman
berbasis modul
• Pemrograman
Berorientasi Objek
• Pemrograman
Generic
• Pemrograman
Deklaratif
II.
Kriteria Bahasa Pemrograman
Beberapa
kriteria pemilihan sebuah bahasa pemrograman :
• Clarity,
simplicity dan unity
Kemudahan,
kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programer
mengembangkan suatu algoritma.
II.
Kriteria Bahasa Pemrograman
• Orthogonality
Merupakan
suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman
sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.
• Kewajaran
untuk aplikasi
Bahasa
pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol
dan syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.
• Mendukung
abstraksi
Abstraksi
merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk membuat suatu solusi dari
masalah yang dihadapi.
• Kemudahan
untuk verifikasi program
Dengan
verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan
•
Lingkungan Pemrograman
Lingkungan
pemrograman dapat berarti editor yang digunakan, dokumentasi yang baik, fasilitas
debugging, user interface yang baik ataupun tools lain yang dapat digunakan
untuk memudahkan pekerjaan progamer.
• Portabilitas
program
Kemudahan
program untuk dipakai diberbagai jenis komputer.
• Biaya
Penggunaan
a.
Biaya eksekusi program
b.
Biaya kompilasi program
c.
Biaya penciptaan, testing dan penggunaan program
d.
Biaya pemeliharaan program
III.
Aspek Pemrograman
Dalam
pengolahan data dan pembuatan sebuah program diperlukan beberapa aspek-aspek dasar
yaitu :
A.
Brainware
Tenaga
pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit computer di
dalam proses pengolahan
data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan
akurat.
Contoh
: Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support,
dll.
B.
Hardware
Serangkaian
unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan
untuk
membantu
proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh
: CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive, dll.
C.
Software
Serangkaian
unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang
digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh
: Sistem Software, Application Software, Package Software, dll
IV.
Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan
- Machine
Language
Bahasa
Pemrograman yang hanya dapat dimengerti oleh mesin ( komputer ) yang didalamnya
terdapat CPU yang hanya mengenal 2 (dua) keadaaan yang berlawanan, yaitu :
- Bila
tejadi kontak (ada arus) bernilai 1
- Bila
kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0
- Low
Level Language (Bahasa tingkat rendah)
Karena
susahnya bahasa mesin, maka dibuatlah simbol yang mudah diingat yang disebut dengan
“Mnemonics” ( Pembantu untuk mengingat ).
- Middle Level Language (Bahasa tingkat menengah)
Bahasa
pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan,
mudah untuk dipahami dan memilik instruksi - instruksi tertentu yang dapat
langsung diakses oleh komputer.
Contohnya
adalah bahasa C.
- High
Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
Bahasa Pemrograman yang
dalam penulisan pernyataannya mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman
ini terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Procedure Oriented
Language
a. Scientific
Digunakan untuk
memecahkan persoalan Matematis/perhitungan.
Misal : Algol, Fortran,
Pascal, Basic
b. Bussines
Digunakan
untuk memecahkan persoalan dalam bidang bisnis.
Misal :
Cobol, PL/1.
2.
Problem Oriented Language
Misal :
RPG (Report Program Generator).
- Object Oriented Language (Bahasa Berorientasi Obyek)
Bahasa pemrograman yang
berorientasi pada obyek. Bahasa pemrograman ini mengandung fungsi-fungsi untuk
menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus menulis secara detail
semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yang dikehendaki
saja.
Contohnya : Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual c, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar