Rabu, 04 Juli 2012

PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS



PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER
DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS 
oleh: Riska
P


enggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Dengan menggunakan media pembelajaran maka kegiatan pembelajaran dalam kelas akan efektif sehingga prestasi keberhasilan peserta didik akan tercapai. Kemajuan teknologi telah banyak memberikan kontribusi dalam berbagai hal termasuk dalam rangka membantu peningkatan efektivitas pembelajaran.
Brinton (2001) memberikan beberapa alasan mengapa guru perlu menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran bahasa asing, antara lain:
  • Media dapat memberikan konteks situasi;
  • Media dapat memberikan input yang otentik; 
  • Media membantu guru menyajikan materi secara efisien.
Ketiga hal di atas merupakan contoh alasan mengapa media perlu digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
Penggunaan media komputer dalam kegiatan pembelajaran juga menjadikan peserta didik dapat senang dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan (Charles & Charles, 2004: 155).
  • Media dapat Memberikan Konteks Situasi
Salah satu manfaat penggunaan media dalam pembelajaran, terutama media komputer dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris adalah materi yang disajikan dengan media komputer dapat menyajikan konteks situasi. Dalam kegaitan pembelajaran Bahasa Inggris dikenal dengan adanya ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam situasi formal dan informal. Dalam hal ini, peserta didik perlu mengetahui konteks situasi di mana suatu ungkapan digunakan tetapi situasi semacam ini tidak mudah diajarkan kepada peserta didik. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru dapat memanfaatkan media komputer. Peran media komputer adalah dapat menyajikan konteks situasi yang nyata yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran. Penyajian tersebut dapat dilakukan, misalnya dengan gambar atau film/ video yang berhubungan dengan materi yang diajarkan  dan disajikan melalui media komputer.
  • Media dapat Memberikan Input yang otentik
Manfaat yang kedua dari penggunaan media dalam pembelajaran adalah dapat memberikan bahan yang otentik. Bahan yang otentik adalah bahan yang tidak dimaksudkan atau tidak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya, artikel dalam majalah atau koran merupakan bahan yang otentik karena artikel tersebut tidak ditujukan untuk keperluan pembelajaran bahasa. Pemanfaatan bahan otentik sangat bermanfaat karena bahan-bahan yang dirancang secara khusus untuk kegiatan pembelajaran sering kali tidak sesuai dengan harapan. Ketika peserta didik dihadapkan dengan bahan yang otentik, mereka tidak dapat memahami bahan tersebut dengan baik karena sudah terbiasa dengan bahan yang disederhanakan. Media komputer akan sangat membantu guru dalam menyediakan bahan-bahan yang otentik. Hal ini dapat dilakukan oleh guru, misalnya dengan memanfaatkan Internet untuk pencarian bahan-bahan materi yang mendukung kegiatan pembelajaran.
  •   Media Membantu Guru Menyajikan Materi Secara Efisien.
Manfaat lain dari penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran, khususnya media komputer, adalah guru dapat menyajikan materi dengan efisien. Banyak hal yang dapat disajikan oleh guru ketika guru mengajar Bahasa Inggris. Sebagai contoh, guru dapat mengajarkan skill listening melalui fasilitas MP3 yang terdapat pada komputer relatif mudah pengoperasiannya jika dibandingkan dengan penggunaan tape-recorder. Fasilitas seperti peta, gambar-gambar, dan kamus
sangat membantu guru dalam mengajar Bahasa Inggris. Fasilitas-fasilitas tersebut selain menarik bagi peserta didik juga tentu akan menyajikan materi secara lebih riil.
Dari paparan di atas kita mengetahui betapa banyak manfaat dalam penggunaan media pembelajaran khususnya penggunaan komputer. Selain memudahkan guru dalam menyampaikan materi, juga dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang diajarkan serta  membuat proses pembelajaran menjadi tidak monoton dan lebih menarik peserta didik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar