PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER
DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
oleh: Riska
P
|
enggunaan
media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang
sangat penting. Dengan menggunakan media pembelajaran maka kegiatan pembelajaran
dalam kelas akan efektif sehingga prestasi keberhasilan peserta didik akan
tercapai. Kemajuan teknologi telah
banyak memberikan kontribusi dalam berbagai hal termasuk dalam rangka membantu peningkatan
efektivitas pembelajaran.
Brinton (2001) memberikan beberapa alasan
mengapa guru perlu menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran bahasa asing,
antara lain:
- Media dapat memberikan konteks situasi;
- Media dapat memberikan input yang otentik;
- Media membantu guru menyajikan materi secara
efisien.
Ketiga hal di atas merupakan contoh alasan
mengapa media perlu digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
Penggunaan media komputer dalam
kegiatan pembelajaran juga menjadikan peserta didik dapat senang
dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan (Charles & Charles, 2004: 155).
- Media dapat Memberikan Konteks Situasi
Salah satu manfaat penggunaan media
dalam pembelajaran, terutama media komputer dalam kegiatan pembelajaran Bahasa
Inggris adalah materi yang disajikan dengan media komputer dapat menyajikan
konteks situasi. Dalam kegaitan pembelajaran Bahasa Inggris dikenal dengan adanya
ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam situasi formal dan informal. Dalam hal
ini, peserta didik perlu mengetahui konteks situasi di mana suatu ungkapan
digunakan tetapi situasi semacam ini tidak mudah diajarkan kepada peserta didik.
Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru dapat memanfaatkan media komputer. Peran
media komputer adalah dapat menyajikan konteks situasi yang nyata yang dapat
mendukung keberhasilan pembelajaran. Penyajian tersebut dapat dilakukan,
misalnya dengan gambar atau film/ video yang berhubungan dengan materi yang diajarkan
dan disajikan melalui media komputer.
- Media dapat Memberikan Input yang
otentik
Manfaat yang kedua dari penggunaan media
dalam pembelajaran adalah dapat memberikan bahan yang otentik. Bahan yang
otentik adalah bahan yang tidak dimaksudkan atau tidak dikembangkan untuk keperluan
pembelajaran. Contohnya, artikel dalam majalah atau koran merupakan bahan yang otentik
karena artikel tersebut tidak ditujukan untuk keperluan pembelajaran bahasa. Pemanfaatan
bahan otentik sangat bermanfaat karena bahan-bahan yang dirancang secara khusus
untuk kegiatan pembelajaran sering kali tidak sesuai dengan harapan. Ketika
peserta didik dihadapkan dengan bahan yang otentik, mereka tidak dapat memahami
bahan tersebut dengan baik karena sudah terbiasa dengan bahan yang
disederhanakan. Media komputer akan sangat membantu guru dalam menyediakan
bahan-bahan yang otentik. Hal ini dapat dilakukan oleh guru, misalnya dengan memanfaatkan
Internet untuk pencarian bahan-bahan materi yang mendukung kegiatan
pembelajaran.
-
Media
Membantu Guru Menyajikan Materi Secara Efisien.
Manfaat lain dari penggunaan media
dalam kegiatan pembelajaran, khususnya media komputer, adalah guru dapat
menyajikan materi dengan efisien. Banyak hal yang dapat disajikan oleh guru
ketika guru mengajar Bahasa Inggris. Sebagai contoh, guru dapat mengajarkan
skill listening melalui
fasilitas MP3 yang terdapat pada komputer relatif mudah pengoperasiannya jika dibandingkan
dengan penggunaan tape-recorder.
Fasilitas seperti peta, gambar-gambar, dan kamus
sangat
membantu guru dalam mengajar Bahasa Inggris. Fasilitas-fasilitas tersebut
selain menarik bagi peserta didik juga tentu akan menyajikan materi secara
lebih riil.
Dari paparan
di atas kita mengetahui betapa banyak manfaat dalam penggunaan media pembelajaran
khususnya penggunaan komputer. Selain memudahkan guru dalam menyampaikan
materi, juga dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang
diajarkan serta membuat proses pembelajaran menjadi tidak
monoton dan lebih menarik peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar